Depan Peternakan Burung Puyuh Pak Yanto di Masa Pandemi

Peternakan Burung Puyuh Pak Yanto di Masa Pandemi

Burung puyuh adalah burung ternak yang kecil dan mungil, meskipun tergolong dalam keluarga burung ternak, burung puyuh tidak bisa terbang layaknya burung ternak lainnya. Di alam bebas biasanya burung puyuh hidup di semak-semak atau di sawah-sawah.

Di kelurahan Sukamulya sendiri terdapat beberapa warga yang berternak puyuh. Salah satunya adalah Bapak Yanto yang tinggal di Ling.Puhun RT.07 RW.04 kelurahan Sukamulya Cigugur. Beliau sudah hampir 5 tahun berkiprah di dunia peternakan burung puyuh. Dari jumlah ternak 100 ekor burung puyuh kini sudah semakin berkembang dan sudah memiliki lebih dari 1000 ekor burung puyuh. Dengan jumlah tersebut, Pak Yanto dapat memanen telur puyuh sekitar 850-900 butir/hari. Beliau juga harus menyediakan pakan sekitar 25 Kg perhari dan memberikan vitamin seminggu sekali. Tak lupa, Pak Yanto juga selalu memberi vaksin ternak-ternaknya sebulan sekali untuk menjaga kesehatan dan kualitas puyuh dan telur puyuhnya.

Sama seperti yang dialami usaha-usaha lainnya, usaha peternakan Pak Yanto juga terkena dampak pandemi Covid-19. Sejak munculnya pandemi ini, penjualan daging puyuh dan telur puyuhnya mengalami penurunan. Pemberlakuan PSBB dan PPKM juga membuat pendapatan semakin menurun saja.