Depan Kesenian Goong Renteng

Kesenian Goong Renteng

GOONG RENTENG KUNINGAN TETAP DI LESTARIKAN
 
Kabupaten Kuningan patut berbangga karena sampai saat ini kesenian yang ada di Kuningan, masih ada yang tetap dilestarikan, salah satunya kesenian tradisional “Goong Renteng”, yang ada di Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Kesenian tersebut berdiri pada tahun 1792. Dari tahun ke tahun kesenian itu turun temurun. Dari mulai tahun 1984 adalah H. Sahri Sudarta, beliau lahir di Kuningan pada 08 Mei 1954 yang terus ngamumule kesenian Goong Renteng, dengan tempat seadanya setiap malam rabu dan sabtu mereka melakukan latihan di Bengkel Las tidak lain bengkel tersebut milik H. Sahri Sudarta, di mulai pada pukul 19.30 – 22.00. Tidak hanya latihan mereka juga mempunyai peserta didik diantanya siswa Sekolah Dasar, Menengah,Perguruan Tinggi dan Masyarakat Umum. Setelah adanya Gedung Kesenian Kuningan, tempat latihan mereka dialihkan kesana. Nama kelompok kesenian tersebut adalah Kesenian Tradisional “Panggugah Manah” yang artinya “Menggugah Hati”.
 
Ditengah semakin maraknya warna musik yang berkembang di Indonesia yang terus di dominasi aliran Modern, tidak memutuskan langkah mereka untuk tetap melestarikan kesenian Goong Renteng. “Da lamun teu urang ek saha deui anu ngamumule kasenian Goong Renteng? Sambil bercanda kalimat tersebut terucap, tapi dengan unsur membangun. Memang benar juga apa yang di katakan H. Sahri sudarta bahwa kita sebagai orang sunda harus tetap melestarikan kesenian yang ada di Indonesia khusunya yang ada di Kabupaten Kuningan.
 
Susunan kelompok Kesenian Goong Renteng terdiri dari H. Sahri Sudarta sebagai ketua, Ano Juarno sekretaris, koordinator  Oyon, Bendahara Oya. Ketika bermain orang-orang tersebut terdiri dari Karja, Tisna, Sujer, Oyon, Maman Rohiman, Maman, Oya, Ence Karsa, Suma, Boun, Dede Nono Riyadi, dan Oyo.
 
IDENTITAS PELESTARI KESENIAN GOONG RENTENG KUNINGAN
 
Nama kesenian                        : Goong Renteng
Nama kelompok kesenian       : Kesenian Tradisional Panggugah Manah
Tahun berdiri                           : 1792
Alamat                                                : Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan
Ketua                                      : H. Sahri Sudarta
Tempat tanggal lahir               : Kuningan, 08 Mei 1954
 
Sekretaris                                : Ano Juarno
Koordinator                            : Oyon
Bendahara                               : Oya
Anggota                                  : Karja
  Tisna
              Maman Rohiman
              Maman
              Ence Karsa
              Suma
              Boun
  Dede Nono Rukmana